0

 

Sumber Gambar: Dokumen Pribadi

Bapak dan Ibu guru di mana pun berada, untuk menyambut dan menyukseskan pembelajaran di sekolah pada tahun ajaran 2024/2025, pemerintah dalam hal ini Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) yang merupakan salah satu unit utama dalam struktur organisasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), yang mempunyai tugas menyelenggarakan penyusunan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan serta pengelolaan sistem perbukuan telah mengeluarkan revisi Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka edisi 2024.
Peserta didik seyogianya menjadi fokus utama dalam pembelajaran dan  asesmen. Usaha untuk menjadikan peserta didik menjadi pembelajar yang aktif  akan memudahkan usaha untuk mengaktualisasikan tujuan pendidikan, yaitu berkembangnya karakter dan kompetensi peserta didik.
Dalam kaitannya dengan pembelajaran dan asesmen yang  berpusat dan berpihak pada peserta didik perlu adanya panduan bagi pendidik pada setiap satuan pendidikan dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka. Panduan ini dapat dijadikan acuan dalam pembelajaran dan asesmen di dalam kelas yang  mengacu pada standar proses dan standar penilaian. Standar proses dan standar penilaian digunakan sebagai acuan utama dalam melaksanakan pembelajaran dan penilaian yang efektif dan efisien sehingga mampu untuk mengembangkan potensi, prakarsa, kemampuan, dan kemandirian peserta didik secara optimal. Selanjutnya, pembelajaran dan asesmen juga diarahkan untuk memberikan fleksibilitas bagi pendidik dan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
Panduan Pembelajaran dan Asesmen merupakan dokumen yang  berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang  dapat memandu pendidik dan kepala satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, pembelajaran dan asesmen. Perencanaan pembelajaran merupakan aktivitas untuk merumuskan: 1) capaian pembelajaran yang menjadi tujuan belajar dari suatu unit pembelajaran; 2) cara untuk mencapai tujuan belajar; dan 3) cara menilai ketercapaian tujuan belajar.  Pembelajaran adalah kegiatan belajar yang diselenggarakan dalam suasana belajar;  interaktif; inspiratif; menyenangkan;  menantang; memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif; dan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik.
Sementara asesmen adalah aktivitas selama proses pembelajaran untuk mencari bukti ketercapaian tujuan pembelajaran. Dalam panduan ini, pembelajaran dan asesmen merupakan satu siklus; di mana asesmen memberikan informasi tentang pembelajaran yang perlu dirancang, kemudian asesmen digunakan untuk mengecek efektivitas pembelajaran yang berlangsung. Oleh karena itu, asesmen yang  diutamakan adalah asesmen formatif yang berorientasi pada perkembangan kompetensi peserta didik.

Untuk lebih jelasnya silakan unduh Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka Revisi 2024 disini;

Demikian semoga bermanfaat dalam menyukseskan pembelajaran yang berpihak pada murid agar optimal tumbuh kembang potensinya



Baca Dan Lihat Juga Artikel Yang Berkaitan Dengan :

Posting Komentar

 
Top