0

Materi Pesantren Ramadhan untuk SD

Oleh
Mohammad Aminulloh, S.Pd.I
(Guru PAI dan BP SDN Keroncong Mas Permai Tangerang)


Bismillahirrohmanirrohim
Salah satu jenis program pendidikan agama yang sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai Islam sejak dini adalah pesantren kilat atau pesantren Ramadhan bagi siswa SD. Pesantren Ramadhan telah menjadi metode yang efektif untuk mendukung pembelajaran agama Islam di sekolah dasar di Indonesia, khususnya pada saat bulan Ramadhan..

Pesantren kilat di Sekolah Dasar adalah program pendidikan agama Islam yang dirancang khusus untuk siswa sekolah dasar dan berlangsung selama periode tertentu pada bulan Ramadhan, biasanya beberapa hari hingga seminggu. Pesantren Ramadhan bertujuan untuk memberi anak-anak pemahaman yang lebih mendalam tentang ajaran agama Islam sejak usia dini.

Pada program Pesantren Ramadhan, selain memberikan materi yang berkaitan dengan penanaman nilai-nilai aqidah, ibadah, mu'amalah serta tarikh atau sejarah peradaban Islam juga memberi anak-anak kesempatan untuk mempelajari nilai-nilai akhlak, etika dan moral dalam Islam serta membangun kedisiplinan dan kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk memudahkan, berikut ini kami bagikan salah satu panduan Materi Pesantren Ramadhan untuk jenjang SD yang disusun oleh Mohammad Aminulloh, S.Pd.I (Guru PAI dan BP SDN Keroncong Mas Permai Tangerang).
Buku Panduan Pesantren 
Kilat (Sanlat) untuk panduan bagi guru dalam membimbing siswa pada acara pesantren kilat (sanlat) di bulan suci Ramadhan untuk siswa SD kelas 1 sampai kelas 6. Meski tetap dapat digunakan untuk semua usia dengan penyesuaian materi dan pendekatan

Buku panduan ini berisi :
1. Tips bagi Guru
2. Jurnal Ramadhan
3. Ilmu Tajwid
4. Topik Materi Pesantren Ramadhan
5. Quality Time

Untuk lebih jelasnya silakan dibaca pada link di bawah ini.

Demikian semoga bermanfaat.*)

*) Substansi tulisan atau artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis



Baca Dan Lihat Juga Artikel Yang Berkaitan Dengan :

Posting Komentar

 
Top